PERPUSTAKAAN
PROFIL PERPUSTAKAAN “SMANSAYANG KREATIF “SMA NEGERI 1 PAGUYANGAN
Latar Belakang
Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik, padahal di negara maju perpustakaan sekolah menjadi pusat guna mendukung aktivitas belajar mengajar yang begitu dimanfaatkan oleh para warga sekolahnya dengan sangat optimal, hal tersebut berbeda dengan kondisi di negara kita Indonesia.
Dari berbagai sudut pemikiran di atas, Perpustakaan berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai pusat pengetahuan (center of knowledge) dapat terealisasi secara optimal.
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekola tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang pengelola perpustakaan yang memiliki pendidikan khusus perpustakaan masih sangat kurang, sehingga belum terwujudnya profesionalisme perpustakaan. Untuk itu perpustakaan sekolah perlu ditunjang oleh manajemen perpustakaan yang baik, guna mewujudkan manajemen yang baik maka diperlukan program kerja terarah yang nantinya dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja perpustakaan sekolah.
Landasan Progam Kegiatan
Terwujudnya perpustakaaan sekolah yang berdaya guna dan berhasil guna di sekolah, menjadi pusat kegiatan belajar mengajar, dan terbinanya anak didik menjadi gemar membaca, bisa membaca. Untuk pembinaan dan pengembangan tersebut dapat dipetik beberapa langkah sebagai landasan antara lain :
- Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0103/0/1981 tanggal 11 Maret 1981. Mengenai pokok-pokok kebijakan Pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah di Indonesia
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan
Maksud dan Tujuan
Dengan melihat latar belakang maka maksud dan tujuan perpustakaan sekolah diselenggarakan untuk :
- Menyediakan buku-buku pengetahuan sebagai bahan ajar bagi guru dan sumber bacaan bagisiswa.
- Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan dalam berbagai sektor kehidupan,
- Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi,
- Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna,
- Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri,
- Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa,
- Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif,
- Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri,
- Mengembangkan kemampuan berpikir siswa secara kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah,
- Membantu siswa, guru, dan staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
- Sumber pengembangan kebudayaan dan peradaban ilmu sekolah terkait.
Fungsi Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SMA N 1 Paguyangan , perpustakaan sekolah berfungsi:
- Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya,
- Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SMAN 1 Paguyangan,
- Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional,
- Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar,
- Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.
Ruang Lingkup
Untuk memperjelas program pengembangan perpustakaan sekolah khususnya Perpustakaan SMA Negeri 1 Paguyangan , ruang lingkup sekolah antara lain:
- Administrasi
- Pengadaan Sarana / Prasarana
- Operasional
- Laporan
Visi dan Misi Perpustakaan Sekolah
Visi
“Menjadikan perpustakaan sebagai pusat informasi untuk mewujudkan warga sekolah yang Berkarakter Pancasila, Unggul dan Peduli Lingkungan Dalam Semangat Pembelajar Sepanjang Hayat”
Misi
- Mengembangkan koleksi sebagai sumber informasi yang berorientasi pada pemustaka,
- Menjadikan perpustakaan sebagai sumber belajar pemustaka dengan penuh tanggung jawab,
- Menjadi sarana pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan semangat berprestasi kepada para pemustaka,
- Mengembangkan manajemen perpustakaan berbasis IT untuk mempermudah layanan kepada pemustaka.
Tujuan
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas koleksi perpustakaan agar relevan, terkini dan sesuai dengan kebutuhan serta minat pemustaka dalam mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengembangan literasi.
- Menumbuhkan budaya belajar mandiri dan bertanggung jawab melalui pemanfaatan perpustakaan sebagai pisat sumber belajar kondusif, informatif dan inspiratif bagi pemustaka.
- Mendorong pemustaka untuk terlibat dalam kegiatan literasi yang baik, kreatif dan efektif guna menumbuhkan semangat belajar serta meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik
Struktur Organisasi Perpustakaan SMAN 1 Paguyangan
- Kepala Sekolah : Dr. Ihdi Amin, M.Pd.
- Kepala Perpustakaan : Dian Apriyani, S.Pd
- Layanan Teknis : Arliek Yunisasi, S.Pd,
Mamlu Rofik, S,Kom
- Layanan Pemustaka : Rahma Widy Astuti, S.Pd
Mulyati, S.S
- Layanan IT : Senjany Julaesy, S.Pd
Wina Rozalina, S.Pd
- Pustakawan Siswa : Duta Literasi
Anggota KSPP
Tugas Masing-Masing Bagian dalam Sistem Organisasi Perpustakaan
- Kepala Sekolah :
- Bertugas dan bertanggungjawab utama segala penyelenggaraan kegiatan dibidang perpustakaan sekolah.
- Membina dan membimbing pengembangan organisasi perpustakaan sekolah.
- Kepala Perpustakaan :
- Bertugas dan bertanggungjawab tentang penyelenggaraan dan pengelolaan seluruh unit perpustakaan sekolah.
- Mengorganisir dan mengkoordinir tata kerja dan tata hubungan seluruh staf perpustakaan sekolah.
- Menetapkan kebijakan intern yang khusus dalam bidangnya.
- Pembuatan program / perencanaan bulanan.
- Merancang program kerja dan rencana pengembangan perpustakaan setahun kedepan
- Membuat laporan dsb.
- Unit Pelayanan Teknis
Bertugas mengadakan pengadaan bahan pustaka dan pengolahannya :
- Administrasi Surat-Menyurat
- Menginventaris Koleksi dan Sarana Perpustakaan
- Membuat Katalogisasi deskriptif
- Mengklasifikasi Koleksi Perpustakaan
- Menginput data di Komputer
- Penyelesaian koleksi
- Perencanaan dana dan penggunaannya.
- Penyusunan koleksi dan kartu katalog/OPAC
- Bagian Pelayanan
Bertugas mengadakan pekerjaan pelayanan sirkulasi :
- Peminjaman dan pengembalian bahan pustaka
- Pelayanan referensi
- Pelayanan jam perpustakaan
- Menyiapkan buku tamu, buku penunjang, dan buku induk dll.
FOTO KEGIATAN PERPUSTAKAAN